Seminar Basic Supervisory Skills
"SUPERVISORY SKILLS - IN A NUTSHELL"

Seminar Mindset Penjualan
"PRODUCTIVE SELLING MINDSET"

Seminar Pengembangan Diri, Leadership, dan Self Mastery
"HOW TO TURN MESS INTO MESSAGE"

Seminar Agen Perubahan - Agent of Change
"AGEN PERUBAHAN - AGENT OF CHANGE"

Workshop Pembicara Kharismatik - Charismatic Speaking
"PEMBICARA KHARISMATIK - CHARISMATIC SPEAKING"

Seminar Pelayanan Prima - Service Excellence
"SERVICE EXCELLENCE - PELAYANAN PRIMA"

Pelatihan Komunikasi Efektif - Effective Communication
"KOMUNIKASI EFEKTIF - EFFECTIVE COMMUNICATION"

Workshop Public Speaking - Pembicara Publik
"PUBLIC SPEAKING - PEMBICARA PUBLIK"

Seminar Peningkatan Produktivitas Kerja
"4 PRODUCTIVITY BOOSTERS SYSTEM"

Senin, Mei 09, 2011

Format Bedah Buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan"



Dear all, khususnya penyelenggara dan peminat bedah buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Berikut ini kami sampaikan format bedah buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan". Kami berharap, audience tidak hanya mendapatkan informasi tentang buku, melainkan juga mendapatkan berbagai inspirasi untuk makin komprehensif dan holistik terkait fenomena "pikiran dan perasaan" dalam berhadapan dengan berbagai persoalan di dalam kehidupan. Semoga. Insya Allah.

1. Dimulai dengan "inventarisasi", problema, dan permasalahan audience.

Problema, permasalahan, kendala, dan hambatan audience diprediksikan berjumlah sekitar 5-20 topik atau kasus, tergantung durasi acara yang ditetapkan oleh panitia.

Di sesi ini ditampung berbagai persoalan, problema, dan permasalah audience, baik itu yang sifatnya pribadi, hubungan antar manusia, hubungan dengan diri sendiri, karir atau profesi, organisasi, bisnis dan entrepreneurship.

Kami sama sekali tidak menjanjikan solusi. Kami hanya menawarkan inspirasi dan berbagai sudut pandang tentang berbagai persoalan di dalam kehidupan. Semoga dapat memperkaya wawasan audience, dan semoga segala permasalahan audience mendapatkan kemudahan jalan untuk menemukan solusi. Lebih dari itu, sangat bisa jadi tidak seluruh persoalan di dalam kehidupan akan dapat diselesaikan dengan "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

35 poin di dalam buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" hanyalah sekedar upaya kami untuk melakukan sebentuk kodifikasi beliefs yang kami anggap ideal untuk membangun belief system seseorang yang memiliki cita-cita dan berhasrat menggapainya. Semua ini tidak mutlak, dan kebenaran hanyalah milik-Nya semata.

2. Uraian tentang apa itu "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Di sesi ini, kami menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" menurut versi buku ini dan menurut pendekatan penulis.

3. Uraian tentang pentingnya "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Di sesi ini, kami menjelaskan urgensi "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" untuk kepentingan penyelesaian masalah (problem solving), dan untuk kepentingan character building di masa depan.

4. Model "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Di sesi ini, kami menjelaskan model "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" dengan berbagai asumsi dan pendekatan yang dipilih oleh buku ini dan penulis. Untuk acara bedah buku, hanya disampaikan model-nya, dan tidak disampaikan cara memodelnya (modelling), mengingat terbatasnya waktu untuk acara semacam ini.

5. Contoh-contoh Inspirasi "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Di sesi ini, kami sampaikan berbagai contoh pengelolaan (manajemen) pikiran dan perasaan, dengan pendekatan-pendekatan kognitif (pola pikir dan mindset). Sedapat mungkin, kami sampaikan juga berbagai keterkaitan dan pengaruh timbal-balik dari berbagai komponen "beliefs" sebagaimana yang dicakup oleh buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan". Ini sangat tergantung pada hasil "inventarisasi" berbagai persoalan, problema, permasalahan, hambatan, kendala sebagaimana yang dicakup dalam sesi pertama.

6. Kapan mengedepankan "pikiran" dan kapan mengedepankan "perasaan".

Di sesi ini, kami menguraikan tentang pilihan kapan mengedepankan "pikiran" dan kapan mengedepankan "perasaan". Tidak ada kemutlakan dalam hal ini. Setiap permasalahan, pada dasarnya hanya benar-benar dikenali dan ketahui oleh yang bersangkutan sendiri. Lebih dari itu, "pikiran" dan "perasaan" adalah dua hal yang berjalan sebagai proses tunggal yang simultan. Apa yang disebut dengan "mana yang lebih perlu dikedepankan" adalah "mana yang lebih pantas dibuat lebih dominan".

7. Kepemimpinan "Pola Pikir Dan Pola Rasa".

Di sesi ini, kami akan menyimpulkan tentang urgensi dan pentingnya menggeser kepemimpinan, dari "aku" ke berbagai pola pikir dan pola rasa yang dianggap ideal menjadi pemimpin. Misalnya visi, misi, dan impian atau cita-cita.

Note: Poin 3,4,5, dan 6 dimungkinkan disampaikan dengan urut-urutan yang fleksibel.

Demikian, semoga bermanfaat.

Ikhwan Sopa
Master Trainer E.D.A.N.
Founder, Pelatih Utama, penulis.

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2011. Ikhwan Sopa - Pembicara Motivasi - Motivator Pengembangan Diri . All Rights Reserved
Theme Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates